Composer adalah package manager untuk php, seperti halnya gem pada ruby, npm pada node.js, apt pada debian atau ubuntu, dan yum pada fedora. Hal ini memungkinkan kita untuk mendeklarasikan library yang dibutuhkan oleh proyek kita dan akan menginstallkan library tersebut kedalam folder proyek kita.

Dengan menggunakan Composer, kita akan dengan mudah mengelola dependency (libraries) yang diperlukan aplikasi php mulai dari download, pengaturan, autoload hingga update dependency, semunya dengan mudah dapat dilakukan dengan tool ini.

# Install Composer

Cara Menginstall Composer di Windows :

  1. Anda hanya perlu mendownload installer composer disini.
  2. Setelah installernya di download, lalu install seperti anda menginstall aplikasi windows lain, tinggal double click & next-next saja sampai selesai. (Mungkin yang perlu anda perhatikan adalah pada bagian lokasi php anda, sesuaikan dengan settingan komputer anda, kalo di C arahkan ke direktori C)
  3. Setelah terinstall, anda tinggal buka command prompt dan ketik composer untuk melihat apakah composer sudah terinstall.
  4. Selesai.

Cara Menginstall Composer di Linux / Mac OS :

  1. Buka terminal, kemudian ketikkan perintah dibawah ini. (Ingat ini membutuhkan koneksi internet)
    curl -sS https://getcomposer.org/installer | php
  2. Pindahkan file composer.phar ke folder /usr/bin agar dapat kita gunakan lebih mudah di lingkungan terminal linux.
    sudo mv composer.phar /usr/bin/composer
  3. Tunggu proses sampai selesai, setelah itu anda bisa ketik
    composer atau composer -v atau composer -V
    untuk cek versi composer yang terinstall.
  4. Selesai.

# Contoh Penggunaan Composer

Untuk menggunakan composer cukup mudah, kita hanya perlu membuat sebuah file dengan nama composer.json di folder proyek kita, misal di htdocs/yukcoding/composer.json.

Sebagai contoh kita ingin memasukan library php yang bernama php-activerecord, untuk paket library lain bisa anda cari di https://packagist.org. Pada halaman paket php-activerecord tadi kita mendapatkan informasi pada baris require : “php-activerecord/php-activerecord”: “dev-master”, dari informasi require tersebut maka file composer.json kita akan menjadi seperti ini :

{
    "require": {
        "php-activerecord/php-activerecord": "dev-master"
    }
}

Lalu masuk ke command prompt atau terminal dan ketik : php composer.phar install, maka seketika akan terbentuk di dalam folder anda sebuah file bernama autoload.php dan sebuah folder bernama vendor dan didalamnya ada folder library yang ada install.

Semua paket yang ada di folder vendor bisa kita panggil hanya dengan menyertakan file autoload.php di script php kita, sebagai contoh cara penggunaan library php-activerecord tadi seperti ini :

<?php
require_once "vendor/autoload.php";

ActiveRecord\Config::initialize(function($cfg)
{
	$cfg->set_model_directory('models');
	$cfg->set_connections(array(
		'development' => 'mysql://username:password@localhost/database_name'));
});
?>

Library php-activerecord ini untuk memudahkan kita melakukan interaksi antara php dan database mysql, mudah untuk melakukan create, read, update, delete (CRUD) , layaknya menggunakan framework php. Cara penggunaan selengkapnya bisa anda lihat di website resminya http://www.phpactiverecord.org/.

Sekian, semoga bermanfaat 🙂

  • 40
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here