•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WordPress merupakan CMS nomor satu paling banyak digunakan untuk membangun website saat ini, termasuk di negara kita Indonesia. Dengan WordPress kita bisa membuat website jenis apa saja, mulai dari blog personal, profil perusahaan, website sekolah, universitas, hingga situs jual beli online atau ecommerce.

Terdapat banyak sekali theme dan plugin yang tersedia secara bebas semakin membuat WordPress disenangi oleh para penggunanya. Hingga komunitasnya kini menjadi sangat besar dan banyak pengguna yang saling berdiskusi dan memberi solusi di berbagai forum maupun artikel di internet. Berbagai kemudahan dan kemampuan mumpuni tersebut ternyata dimanfaatkan juga oleh berbagai universitas ternama di Indonesia untuk membuat website utama mereka dengan menggunakan WordPress sebagai dasarnya. Bagi sebagian orang, terutama mereka yang biasa bergelut dengan dunia IT tentu hal ini terasa cukup mengejutkan, karena umumnya sebuah website universitas yang biasanya memiliki banyak konten, sangat rentan jika menggunakan WordPress yang dianggap memiliki banyak celah, selain itu tentu akan lebih prestisius jika website universitas dibangun dengan kodingan sendiri dari awal. Namun ada juga yang berpendapat tidak ada salahnya menggunakan WordPress selama bisa menggunakannya dengan tepat dan selalu memperhatikan masalah keamanannya dengan rajin update jika ada celah baru yang ditemukan. Apapun teknologi yang digunakan yang penting informasi bisa sampai dengan baik kepada target pembacanya.

Berbicara soal perdebatan tentu tidak akan ada habisnya, lebih baik langsung saja kita lihat. Berikut ini sejumlah website universitas terkenal di Indonesia yang dibuat dengan WordPress sebagai pondasi dasarnya. Jangan kaget ya..

1Universitas Indonesia (UI) – ui.ac.id

Universitas apa sih yang paling terkenal di Indonesia, tentu saja Universitas Indonesia atau sering disingkat UI. Ternyata website Universitas Indonesia tidak dibangun dengan kodingan sendiri lho, melainkan dibuat dengan CMS WordPress. Saat artikel ini kami buat, website UI tercatat menggunakan theme premium bernama Limitless.

2Universitas Diponegoro (UNDIP) – undip.ac.id

Website Universitas Diponegoro yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah ini juga menggunakan WordPress ternyata. Untuk theme nya sendiri menggunakan theme enigma-parallax2.

33. Universitas Sebelas Maret (UNS) – uns.ac.id

Universitas Sebelas Maret yang bermarkas di Jl. Ir. Sutami, Surakarta ini juga dibuat dengan CMS WordPress. Berdasarkan pantauan kami, website UNS menggunakan theme RT-Theme18, yaitu sebuah theme premium yang bisa diperoleh di marketplace.

4Universitas Padjajaran (UNPAD) – unpad.ac.id

Universitas Padjajaran atau Unpad yang lokasi kampusnya berada di Bandung ini website utamanya dibangun dengan CMS WordPress, tampilan website Unpad terlihat cukup menarik, bersih dan simpel. Pada saat kami cek, website tersebut menggunakan theme Unpad-2016 hasil custom sendiri.

5Universitas Negeri Semarang (UNNES) – unnes.ac.id

Website Universitas Negeri Semarang (UNNES) juga dibuat dengan mengguankan CMS WordPress, sedangkan theme yang digunakan bernama Maroon. Tampilan website tersebut terlihat cukup bagus dan simpel, disertai dengan slider besar yang umumnya digunakan oleh website universitas.

6Bina Nusantara University (BINUS) – binus.ac.id

Website Universitas Bisa Nusantara atau yang biasa dikenal dengan sebutan Binus ternyata dibuat dengan CMS WordPress sebagai engine utamanya. Untuk urusan tampilan atau theme, universitas yang berbasis di Jakarta tersebut sepertinya membuat sendiri tampilan website mereka dengan nama binus-2014-58-core.

7Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) – uajy.ac.id

Salah satu kampus terkenal di kota pelajar Yogyakarta, Universitas Atma Jaya websitenya dibuat dengan engine WordPress. Website tersebut terlihat cukup rapih dengan menggunakan berbagai warna yang berbeda. Mereke custom sendiri template dengan nama uajy-portal.

8Institut Seni Indonesia Yogyakarta – isi.ac.id

Selain Atma Jaya, website berbasis di Jogja lainnya yang menggunakan WordPress adalah Universitas Seni Indonesia Yogyakarta, atau sering disingkat ISI Yogyakarta. Sedangkan theme yang digunakan bernama u-design.

9Budi Luhur – budiluhur.ac.id

Universitas & Akademi Sekretari Budi Luhur juga membuat website utamanya dengan menggunakan WordPress, desain website yang dominan berwarna putih tersebut menggunakan theme yang diberinama myuniversity_1.

10Universitas Muhammadiyah Yogyajarta (UMY) – umy.ac.id

Kota pelajar Yogyakarta memang memiliki cukup banyak universitas, selain beberapa yang sudah kita bahas diatas, ada lagi website Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY yang websitenya dibuat menggunakan WordPress. Website ini menggunakan theme bernama umy-2016.

11Universitas Nasional (UNAS) – unas.ac.id

Website universitas selanjutnya yang dibuat dengan dengan WordPress adalah UNAS yang beralamat di unas.ac.id. Kampus yang berlokasi Jl. Sawo Manila, Pejaten, Ps. Minggu Jakarta ini menggunakan theme Colormag, yang di custom sesuai dengan kebutuhan website kampus tersebut tentunya. Website ini dominan warna hijau, sesuai dengan warna logonya.

12ESQ Business School – esqbs.ac.id

Selain universitas ternama, ada juga website sekolah tinggi ilmu manajemen yang menggunakan WordPress sebagai basis website mereka. Seperti ESQ Business School misalnya, sekolah tinggi berlokasi di Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan yang didirikan oleh Ari Ginanjar ini desainnya terlihat cukup asik dengan kombinasi warna biru dan putih dengan tema bernama Engage.

13Universitas Mataram (UNRAM) – unram.ac.id

Salah satu universitas yang sudah tidak asing lagi bagi warga Mataram, Nusa Tenggara Barat adalah UNRAM atau singkatan dari Universitas Mataram. Website utama universitas ini dibuat dengan WordPress. Website ini menggunakan theme bernama Avada.

14Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) – ulm.ac.id

Website Universitas Lambung Mangkurat yang berbasis di Banjarmasin ini dibuat dengan WordPress sebagai basis utamanya. Website ini terlihat cukup sederhana, dan disertai dengan slider berukuran besar yang menggambarkan suasana kampusnya, menggunakan tema Uoc-theme.

15UIN Syarif Hidayatullah Jakarta – uinjkt.ac.id

Website Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau biasa disebut UIN Jakarta ini cukup simpel menggunakan CMS WordPress.

16Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo – unsiq.ac.id

Tampilan website Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo Jawa Tengah ini cukup simple menggunakan tema WordPress yang bernama Grandcolledge.

17Universitas Cenderawasih (UNICEN) – unicen.ac.id

Yang terakhir kita ulas adalah website Universitas Cenderawasih (UNICEN) yang kampusnya beralamat di Jl. Uncen, Kota Baru, Abepura, Kota Jayapura, Papua 99351. Tampilan websitenya lumayan menarik dan simple dengan menggunakan theme bernama Encun.

Closing

Itulah beberapa website universitas terkenal di Indonesia yang dibuat dengan menggunakan WordPress content management system (CMS). Tidak ada salahnya sebuah website dibuat dengan WordPress, sekali lagi yang penting adalah informasi yang ingin disampaikan melalui website tersebut bisa sampai kepada target pembacanya dengan baik, serta pandai menjaga keamanan websitenya karena website yang dibuat dengan CMS gratisan seperti WordPress cukup rentan untuk disusupi hacker.

Jika Anda memiliki informasi website universitas lainnya yang dibuat dengan WordPress, bisa melengkapi tulisan ini dengan menuliskan nama universitas dan URLnya di kolom komentar.

Selain itu jika ada yang memiliki informasi website universitas yang dibangun dengan CMS lain seperti drupal, joomla dan lainnya boleh juga di informasikan kepada kami, siapa tahu bisa untuk bahan tulisan mendatang 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here