•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Assalamu’alaikum wr. wb.

Kali ini kita akan belajar bagaimana mengimplementasikan rumus dari teori pelajaran Data Mining dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL / MariaDB. Yang kita butuhkan adalah Web Server (XAMPP), Text Editor (Sublime Text / Notepad++ / etc), & Web Browser (Google Chrome / Mozilla Firefox).

Bagi yang belum tau apa itu data mining, forecasting, dan regresi linear, silakan googling dulu ya, atau coba tanyakan pada dosen.

Disini saya mempunyai studi kasus “Peramalan Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB)”. Program ini saya buat se-simple mungkin agar pemula sekalipun bisa mengikuti dengan baik 🙂

Aplikasi forecasting ini menggunakan rumus Regresi Linear Sederhana. Dan sudah saya buat hitung-hitungannya di excel (sebagai demo / referensi keakuratan aplikasi kita nantinya).

Okay, are you ready guys?

Langkah pertama kita buat dulu database dan table-nya, kurang lebih seperti ini gambarannya :

Setelah itu langsung coding saja, buat folder baru di htdocs Anda dan buat beberapa file seperti punya saya, kemudian tulis script seperti dibawah :

index.php

header

footer

koneksi ke database

form input

proses simpan

form prediksi

tampil

Well done. Gimana mudah dan sederhana bukan?

Script saya diatas sudah menggunakan mysqli extension, bukan mysql extension yang lama. Jadi support di PHP versi 5 ataupun 7.

Baca jugaMemahami Perbedaan PHP Ekstensi Mysql dan Mysqli

Kalo coding-nya benar, nanti akan muncul tampilan seperti ini :

index (halaman utama)

form input

tampil data

form prediksi

tampil setelah proses prediksi

Alhamdulillah ..

* Addition : untuk pembulatan angka desimal di PHP bisa menggunakan fungsi ceil(), floor(), atau round(), masing-masing berbeda fungsi.

Jika masih ada error coba sesuaikan sama persis dengan script diatas dulu, diteliti lagi. Kalo udah paham silakan diedit sesuka hati sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat. Happy coding 🙂

Wassalamu’alaikum wr. wb.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here