Apa Itu CMS?

CMS merupakan kepanjangan dari Content Management System atau dalam bahasa diartikan sebagai sistem manajemen konten. Jika ada mie instan pada makanan, CMS menjadi pembuatan situs instan.

Sebenarnya kita bisa membuat website tanpa harus menggunakan CMS. Tutorial web di YukCoding.ID sudah mencukupi untuk membuat website sederhana. Namun kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk mempelajari kode pemrograman web tersebut. Belum lagi dengan kompleksitas yang diperlukan untuk mengorganisasi ratusan postingan yang nantinya ada di dalam website.

Dikarenakan hal ini, beberapa programmer web mulai membuat aplikasi siap pakai yang ditujukan agar siapapun bisa membuat website tanpa harus mengerti kode-kode program. Kita hanya tinggal men-klik menu-menu tertentu, dan sebuah website dengan tampilan modern siap di publish ke internet.

Selain WordPress, masih banyak CMS lain yang bisa digunakan untuk membuat website. Ada yang berbayar, namun banyak juga yang gratis seperti joomla dan drupal. CMS juga dikategorikan menurut keperluannya. Jika anda ingin membuat forum, bisa menggunakan vBulletin. Untuk membuat online shop bisa menggunakan Magento, Prestashop, atau Opencart. List lengkapnya bisa anda lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_content_management_systems.

Jadi, apa itu CMS? Secara singkat, CMS merupakan sebuah perangkat lunak, bisa disebut juga dengan sistem yang mengatur konten pada situs web, bisa situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya.

Apa itu WordPress?

WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Lebih dari 30% website dibuat dengan WordPress dan persentasenya masih bisa terus meningkat.

WordPress pertama kali hadir di tahun 2003 sebagai pengembangan dari aplikasi blog b2/cafelog oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Pada awalnya wordpress berfokus pada media blog pribadi, dimana konten web diurutkan berdasarkan kronologis. Namun dalam perkembangannya, wordpress berubah dari sekedar blogging platform (hanya untuk membuat blog), menjadi aplikasi CMS yang bisa digunakan untuk membuat website diluar blog, seperti online shop, corporate website, situs edukasi, forum, dll.

Mengapa Harus WordPress?

Dari sekian banyak CMS, kenapa harus menggunakan wordpress? Jawaban paling mudah adalah: wordpress merupakan CMS paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.

Menurut situs http://w3techs.com, dan https://wappalyzer.com, dari sekian banyak website yang menggunakan CMS, lebih dari 60%-nya menggunakan wordpress.

Saat artikel ini dibuat, WordPress telah memasuki versi ke-4, sehingga sudah relatif lebih ‘matang’ dari segi pengalaman. Ribuan plugin yang bisa didapat dengan mudah merupakan fitur paling menarik dari wordpress. Banyak programmer web telah mengenal wordpress, sehingga jika kita ingin bertanya tentang sesuatu, relatif mudah di cari penyelesaiannya.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Pada saat mengakses WordPress di Google atau mesin pencarian lainnya, Anda akan menemukan dua website yang hampir sama: WordPress.com dan WordPress.org. Bagi pemula, keberadaan kedua website ini tentu saja membingungkan meskipun pada kenyataannya WordPress.com dan WordPress.org memiliki tujuan dan user-base yang berbeda-beda.

WordPress.org
WordPress.org merupakan website yang digunakan jika Anda ingin membuat situs WordPress self-hosted. Melalui situs ini, Anda bisa mengunduh platform WordPress dan mendapatkan berbagai plugin dan tema gratis. Untuk meng-online-kan website melalui WordPress, Anda harus membuat nama domain dan membeli paket web hosting.

WordPress menggunakan PHP dan MySQL agar bisa aktif dan bekerja. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan paket WordPress hosting yang memang ditujukan untuk mengoptimalkan performa CMS WordPress.

WordPress.com
WordPress.com merupakan perusahaan hosting yang menggunakan sistem manajemen konten WordPress untuk semua blog yang dibuat di CMS tersebut. Jika tertarik mendaftar dan membuat blog di sini, maka tipe domain yang Anda dapatkan adalah namabloganda.wordpess.com (meskipun tersedia juga custom domain berbayar). Paket defaultnya gratis tapi memiliki beberapa keterbatasan.

Situs yang Menggunakan WordPress

Untuk penggunaan wordpress pastinya sudah tidak diragukan lagi, banyak situs-situs besar yang menggunakannya. Beberapa contoh yaitu The New Yorker, TechCrunch, Sony Music, White House, Beyoncé, dll.

Berikut kami berikan bonus contoh kampus ternama di Indonesia yang menggunakan wordpress untuk situs utamanya :

17 Website Universitas di Indonesia yang Dibuat dengan WordPress

Artikel menarikTips Membuat Website dengan WordPress

  • 38
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here